Membangun Blog: What’s in a name?

Materi yang saya peroleh tentang membangun blog, cara optimasi, dan utilisasinya sebenarnya acak gak karuan.Belum lagi sumber informasinya yang begitu banyak dan luas. Saya sendiri sampai bingung harus memulai dari mana. Setelah sekian waktu mengumpulkan informasi, memilah-milahnya, dan menyusun fragmen-fragmen informasi tersebut, saya mulai menyusunnya menjadi suatu informasi yang utuh (paling tidak menurut saya).
Selanjutnya saya mulai menuliskannya di sini dalam gaya bertutur.
Pertama, untuk memiliki sebuah blog, sebaiknya Anda harus bisa membuatnya sendiri :). Kebanyakan para blogger bermain di dua layanan blogging yaitu Blogger atau Wordpress, meskipun ada puluhan layanan serupa. Jika Anda masih bingung atau belum tahu cara membuat blog, Anda bisa download di sini untuk Blogger, dan di sini untuk Wordpress. Tapi sebagai awal, saya sarankan Anda mencoba untuk ikut Blogger karena alasan disain layout yang lebih mudah (ini pendapat pribadi) dibandingkan dengan Wordpress.
Setelah Anda pelajari panduan singkat membuat blog dari saya, kini saatnya Anda masuk ke Blogger atau Worpress. Nah, yang berikut ini adalah langkah penting yang sering terabaikan: sebelum Anda login untuk memulai membuat blog, pikirkan tentang nama blog yang akan Anda gunakan. Mengapa? Banyak para blogger pemula (seperti saya) tidak mengerti kalau ternyata nama domain dan lokasi hosting sangat menentukan peringkat blog kita di search engine. Para suhu sekolah online juga menitik beratkan pada pemilihan nama domain dan hosting sebagai langkah awal sebelum melangkah lebih lanjut dalam pembuatan blog. Okelah, sebagai pemula yang sedang belajar kita bisa mencoba membuat blog dengan nama apa saja bergantung selera kita. Tetapi kelak kalau Anda hendak ikut terjun di dunia bisnis online, maka blog Anda harus memiliki traffic yang cukup tinggi, artinya blog Anda banyak diakses oleh publik. Untuk itu blog Anda harus nongkrong di jajaran utama search engine. Nah, search engine ini bekerja salah satunya dengan cara membaca keyword (kata kunci).
Apa itu keyword? Kata kunci adalah salah satu metode dalam SEO (search engine optimization) yang berupa satu atau beberapa kata/frase yang digunakan untuk memandu search engine agar menemukan blog/situs sehingga mempermudah publik untuk menemukan dan mengaksesnya. Keyword ini bisa berupa kata yang mewakili content atau nama blog/domain kita, karena nama blog/domain (sebaiknya, meskipun tidak selalu) juga mencerminkan content atau isi blog kita. Selain keyword ada cara lain untuk otimisasi mesin pencari, misalnya backlink, dofollow, dan masih banyak lagi. Yang ini akan saya tuliskan di posting berikutnya.
Jadi, kesimpulannya adalah:
- sebelum membuat blog, tentukan nama yang tepat untuk blog Anda. Pendapat Shakespeare, what’s in a name (apalah arti sebuah nama) tidak berlaku di sini.
- buatlah blog Anda dengan desain yang baik, eyecatching, dan masuk akal
- mulailah membuat posting sesuai content yang Anda tetapkan
Pada posting berikutnya akan saya tuliskan cara submit blog kita.

Related Posts by Categories




0 komentar:

Posting Komentar

Jika merasa artikel yang telah Anda baca bermanfaat, silahkan meninggalkan komentar