Membangun Blog : Submit n Publish

Ok, melanjutkan posting saya yang pertama, sekarang kita sudah punya blog, mempunyai tulisan yang bagus, dan penuh dengan pernak-pernik widget yang lucu dan menarik seperti yang telah kita buat dulu. Tapi usaha Anda akan terbuang sia-sia bila tidak ada yang mengunjungi blog dan membaca artikel Anda. Agar dikunjungi publik, Anda harus melakukan submit dan publikasi agar blog Anda dikenal.
Yang mana duluan? Kita akan melakukan submit (pendaftaran) dulu di search engine. Ada banyak search engine yang bisa kita gunakan, misalnya Google, Yahoo, MSN, Altavista , Alltheweb, dan lain–lain. Seperti kebanyakan blogger lain kita akan mencoba mendaftarkan blog kita di search engine terbesar yaitu Google Indonesia. Mengapa Uncle Goog? Ya, karena dialah mbahnya search engine dan  memiliki fasilitas Google Submit yaitu sebuah fasilitas yang diberikan oleh Google search engine kepada pengguna internet. Dengan menggunakan fasilitas yang diberikan itu maka kita dapat mengindeks blog/website kita di Google search engine sehingga memudahkan robot google untuk mengindex blog/website Anda. Tapi ini bukan suatu keharusan. Anda tidak diharamkan untuk submit juga ke search engine yang lain, seperti link search engine terkenal berikut ini. Klik aja dan langsung daftar.
   Pingin lebih praktis dan heboh?Daftar di sini http://www.submitxtras.com/ secara otomatis akan mendaftarkan blog Anda ke ribuan search engine lainnya.
Oke. Sekarang sebagai contoh awal anda lakukan submit di sini, dan ikuti petunjuknya. Gampang kok.
Apakah setelah blog kita terindeks di Uncle Goog trus blog kita langsung dikenal orang? Ups! Ternyata tidak semudah itu. Konon blog kita akan dikenal setelah terindeks perlu waktu sekitar seminggu sampai sebulan. Blog eksperimen saya yang lain bahkan sampai dua bulan gak dikenal :(. Ada banyak faktor yang berpengaruh, diantaranya adalah keyword, backlink, dofollow, jenis content, ... wah banyaklah! Saking banyaknya saya sendiri gak tau pasti apa saja yang berpengaruh. Setelah submit kita bisa mempercepat publishing blog kita untuk menjaring pengunjung dengan beberapa langkah sebagai berikut:

Iklankan blog Anda
Sekarang banyak layanan iklan baris gratis. Rugi kalau tidak dimanfaatkan. Anda bisa pasang iklan di situs iklan baris gratis, tentunya setelah mendaftar. Cari kategori yang sesuai dengan content blog Anda, dan pasang alamat blog Anda di situ. Kalau perlu tambahlah dengan kalimat-kalimat yang persuasif, atraktif, atau tampilan yang berbeda sehingga dapat menarik pengunjung. Contoh situs iklan gratis seperti ini:
Daftar Iklan Baris Gratis Indonesia:
http://www.iklanbaris.co.id
http://www.iklanbaris.com
http://www.indoiklan.com
http://www.iklanmini.co.id
http://www.bursaneka.com
http://www.iklanpojok.com
Daftar Iklan Baris Luar Negeri:
worldtrends
adnetwork
adlandpro
websitings
eclassified, dll
Yang harus diperhatikan untuk memasang iklan baris gratis ini adalah jumlah pengunjung situs. Carilah yang jumlah pengunjungnya banyak.

Ikut program exchange
Exchange adalah program pertukaran sesuatu sedemikian rupa sehingga saling menguntungkan. Yang dipertukarkan bisa link atau banner. Situs banner exchange di Indonesia contohnya: Indo Banner, Banner Indonesia, BMI, Indo Clicks, Xaxaweb. Bisa juga bertukar banner dengan sesama blogger. Para blogger biasanya menawarkan pertukaran banner di blognya. Kalo tidak ada Anda bisa menawarkan padanya lewat kotak komentar.
Sedangkan link exchange sebenarnya sama seperti banner exchange. Tetapi yang dipertukarkan berbentuk link/tulisan, bukan banner. Hampir setiap blog yang dimiliki oleh komunitas blogger menyediakan tempat untuk mereka saling bertukar link. Anda hanya tinggal mengcopy link code yang disediakan kemudian pastekan di blogroll/links blog Anda. Blogger yang baik akan membalas budi dengan memasang link yang menuju blog Anda.
Untuk tips teknis program exchange akan kita bahas pada posting mendatang.

Seringlah blogwalking
Blogwalking adalah kunjungan ke berbagai blog, terutama yang memiliki content senafas dengan blog Anda. Jangan lupa untuk mengisi buku tamu dan meninggalkan comment yang bermutu. Pada komentar yang Anda tulis cantumkan link blog Anda. Semakin sering melakukan blogwalking maka Anda akan lebih cepat memiliki banyak link.

Ikutlah forum, milis, dan social networking
Prinsipnya mirip dengan blogwalking, tetapi yang dikunjung adalah berbagai forum yang sesuai dengan bidang atau blog Anda. Di sana Anda bisa berdiskusi tentang sesuatu. Jangan lupa beri comment dan cantumkan link blog Anda. Lakukan hal yang sama di milis (mailing list) dan social networking, misalnya Facebook dan Twitter.

Pasanglah signature
Signature adalah catatan kecil yang ada di bagian bawah email. Pasanglah alamat blog Anda dan atur agar signature tersebut terkirim otomatis setiap kali Anda mengirim email.
Trus denger-denger ada yang namanya backlink, dofollow, nofollow. Apaan tuh? Iya. Yang itu kita bahas di posting berikutnya untuk optimasi. Saya sendiri belum ngeh. Jadi tak cari informasi dulu.
Jadi secara keseluruhan prinsip publikasi di sini adalah mengenalkan link blog Anda sedemikian rupa sehingga dikenal publik dengan harapan mereka akan berkunjung ke blog Anda. Jika dengan cara-cara di atas dirasa masih kurang, Anda bisa pasang iklan di koran, radio, televisi, bahkan membuat baliho! Hua ha ha ...(that’s just kidding pal!)

Related Posts by Categories




0 komentar:

Posting Komentar

Jika merasa artikel yang telah Anda baca bermanfaat, silahkan meninggalkan komentar