Tanaman indah yang beracun

Ada banyak tanaman di sekitar kita tampak indah dengan bunga yang menawan. Tahukah Anda bahwa ada banyak di antara mereka sebenarnya beracun? Meski demikian banyak kandungan alkaloid yang sebenarnya beracun tetapi bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Simak beberapa spesies tanaman di bawah ini.

Narcissus (Narcissus cyclamineus)

Narcissus

Mahkota bunga ini berwarna kuning, dan putih ketika musim semi. Jika Anda menghirup aroma bunga ini dengan kadar yang tinggi maka Anda akan mengalami mual, muntah, kram dan diare.

Rhododendron (Rhododendron azalea)

Rhododendron

Bunga Rhododendron (dan berbagai Rhododendron lain), memiliki bunga yang tampak indah, tetapi tepi daunnya beracun, demikian pula madu dari sari bunganya. Bila termakan membuat mulut terasa terbakar, kemudian dapat mengalami peningkatan air liur (hipersaliva) , muntah, diare dan rasa kesemutan pada kulit. Gejala berikutnya yang bisa muncul adalah sakit kepala, lemah otot, dan kaburnya pandangan. Bila denyut jantung menurun Anda dapat jatuh ke dalam koma atau mengalami kejang-kejang.

Ficus (Ficus benjamina)

Ficus

Semua Ficus (beringin) memiliki getah seperti susu di daun dan batang. Sebenarnya getah ini beracun meski jarang dilaporkan gejala yang muncul. Ada sekitar 800 jenis Ficus banyak yang tumbuh di daerah tropis di mana beberapa varietas dapat tumbuh hingga 75 meter. Bila terkena getah ini bisasanya akan muncul gejala kulit gatal dan memerah.

Oleander

Oleander

Sebagian kecil tanaman Oleander beracun. Bila menghirup asap tanpa disengaja dari pembakaran Oleander bisa menimbulkan masalah. Keracunan tanaman ini biasanya memunculkan gejala pelambatan denyut jantung (palpitasi) dan menyebabkan seseorang tidak sadarkan diri. Pertolongan bisa diberikan dokter dengan meningkatkan detak jantung kembali dan merangsang muntah dengan obat tertentu, teknik pompa perut, atau dilakukan penyerapan toksin dengan menelan karbon aktif.

Chrysanthemum

Chrysanthemum

Ada sekitar 100-200 spesies Chrysan. Tanaman biasanya berupa semak-semak. Bunganya diketahui memiliki toksisitas rendah pada manusia. Biasanya dapat menyebabkan rasa gatal, tetapi tidak terlalu berpengaruh.

Anthurium (Anthurium majus)

Anthurium

Daun dan batang tanaman berwarna hijau gelap, batang daun kasar, bunga berbentuk hati, bisa berwarna merah, putih, atau hijau. Tanaman ini jJuga dikenal sebagai bunga flamingo atau tanaman kuncir. Bila Anda makan tanaman ini akan muncul rasa panas di mulut. Akibatnya kemudian mulut Anda bisa membengkak dan lecet, suaranya bisa menjadi parau, dan mungkin mengalami kesulitan menelan.

Lily-of-the-valley (Convallaria majalis)

Lily-of-the-valley

Jika lily-of-the-valley termakan, Anda mungkin mengalami mual muntah, sakit mulut, sakit perut, diare dan kram. Denyut jantung bisa melambat atau tidak teratur. Pertolongan dokter bisa diberikan dengan membersihkan perut dengan pompa perut atau makan karbon aktif.

Hydrangea (Hydrangea macrophylla)

Hydrangea

Bunga ini bisa menyebabkan sakit perut. Bila termakan juga mengalami kulit gatal, muntah, rasa lemah dan berkeringat. Beberapa laporan menunjukkan bahwa pasien bahkan bisa mengalami koma, kejang dan mengalami gangguan dalam sirkulasi darah.

Foxglove (Digitalis purpurea)

Foxglove

Foxglove tumbuh hingga 3 meter dengan bunga ungu, merah muda atau putih, dan berbintik-bintik. Jika anda makan tanaman tersebut, maka jantung Anda akan mengalami pelambatan, setelah gejala mual, muntah, kram, diare dan sakit mulut.

Wisteria

Wisteria

Banyak yang mengatakan bunga ini beracun, meskipun beberapa orang mengatakan tidak. Sebagian besar laporan menyebutkan tanaman ini menyebabkan mual, muntah, kram dan diare.

Labels: bunga cantik beracun,bunga beracun,tanaman beracun

Related Posts by Categories




0 komentar:

Poskan Komentar

Jika merasa artikel yang telah Anda baca bermanfaat, silahkan meninggalkan komentar