7 Keajaiban Dunia yang baru

Patung Kristus Penebus (Christ the Redeemer Statue, Brasil)

Kristus Penebus

Patung Kristus Penebus terdapat di Rio de Janeiro, Brasil, merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru. Dengan tinggi mencapai 38 meter, patung ini masuk ke dalam daftar keajaiban dunia buatan manusia setelah melalui jajak pendapat global yang diselenggarakan oleh Yayasan New 7 Wonders yang dipelopori oleh Bernard Weber. Namun masalah ini menjadi kontroversial. Bahkan UNESCO pun sempat melontarkan kritik terhadap langkah yang diambil yayasan tersebut.

 

Tembok Besar Cina (Great Wall of China)

image

Tembok Besar Cina diperkirakan dibangun seikitar abad ke-5 SM hingga abad ke-16 SM. Dengan panjang mencapai 6.400 kilometer, bangunan ini adalah bangunan terpanjang di dunia buatan manusia. Bagian utama yang terkenal konon dibangun oleh kaisar pertama Cina yang bernama Qin Shi Huang Di sekitar tahun 200 SM.

Tembok Besar Cina merupakan salah satu pemenang New 7 Wonders. Anehnya pemerintah Cina menolak tayangan pengumumannya, bahkan menolak untuk mendukung pemilihan tersebut.

Colosseum (The Colosseum, Rome, Italy)

Colosseum

Colosseum merupakan bangunan berupa arena yang terdapat di Roma, Italia. Menurut sejarahnya bangunan ini digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan berdarah yang melibatkan gladiator, hewan liar, maupun narapidana.

Pembangunan konstruksinya diperkirakan sekitar tahun 70 sewaktu pemerintahan Kaisar Vespasianus. Arena ini mampu memuat hingga 50.000 penonton.

Gunung Petra (Petra, Jordan)

Petra

Gunung Petra terletak di Jordania. Dulu situs ini tidak diketahui oleh dunia Barat hingga kedatangan Johann Ludwig Burkhardt seorang peneliti dari Swiss yang datang pada tahun 1812.

Situs Petra berada di tepi Gurun Arab, merupakan ibukota kerjaan Nabataean dengan Raja Aretas IV yang memerintah sekitar tahun 9 SM – AD 40. Daerah ini terkenal dengan banyaknya struktur berupa batuan dan candi dengan tinggi sekitar 42 meter. Di sini juga terdapat kota kuno yang memiliki terowongan, ruang air, dan amhitheater.

Chichén Itzá, Mexico

Chichén Itzá

Chichen Itza di Mexico diperkirakan merupakan kota kuil suku Maya yang paling terkenal dan merupakan pusat pollitik dan agama peradaban Maya selama periode AD 750 – 1200.

Pusat kota terletak di kuil Kukulkan. Kuil setinggi 24 meter ini memiliki 91 anak tangga. Satu anak tangga merupakan satu langkah untuk setiap hari selama satu tahun untuk perhitungan satu tahun selama 365 hari.

Taj Mahal, India

Taj Mahal

Taj Mahal di Agra, India, sebenarnya merupakan makam luar biasa yang dibangun oleh Muslim Mughal Kaisar Shah Jahan untuk menghormati almarhum istri tercintanya, Mumtaz Mahal. Bangunan ini dianggap sebagai contoh terbaik seni dan arsitektur Mughal.

Pembangunan makam ini dimulai tahun 1632 dan baru selesai setelah 15 tahun. Ironisnya Shah Jahan malah dikudeta oleh salah seorang anaknya sendiri segera setelah Taj Mahal selesai dibangun. Konon sang Kaisar yang menjadi tahanan rumah menghabiskan sisa-sisa terakhir hidupnya dengan selalu menatap Taj Mahal dari jendela.

Piramida Agung Giza, Mesir (The Great Pyramid of Giza, Egypt)

Giza

Piramida Agung adalah piramida yang terbesar dari tiga Piramida Giza. Struktur dengan ketinggian 145 meter ini memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di planet bumi buatan manusia selama lebih dari empat ribu tahun.

Peninggalan kuno ini dibangun oleh Firaun Khufu sekitar tahun 2560 SM dan dirancang untuk digunakan sebagai makamnya.

Blogger Labels: 7 wonders,keajaiban dunia,peninggalan kuno

Related Posts by Categories




0 komentar:

Posting Komentar

Jika merasa artikel yang telah Anda baca bermanfaat, silahkan meninggalkan komentar