Ditemukan planet kembaran Bumi

Jika dulu di blog ini telah saya posting tentang kemungkinan adanya kehidupan di Titan, maka baru-baru ini telah ditemukan sebuah planet yang dianggap kembaran Bumi di luar tata surya kita. Dianggap sebagai kembaran Bumi karena ditemukan di wilayah angkasa yang kondisinya tak terlalu panas, juga tak terlalu dingin bagi zat cair sehingga mampu membentuk rawa, danau, maupun sungai.

Planet tersebut juga tampak memiliki selubung atmosfer, dan gravitasi seperti Bumi. Para ilmuwan berpendapat, jika benar, maka temuan ini adalah pendukung fakta bahwa alam semesta dipenuhi planet yang mirip dengan dunia manusia seperti di bumi.

96964_planet-rekaan-artis-berdasarkan-data-ilmuwan-national-

Planet tersebut dinamai Gliese 581g, dan sering disebut dengan nama yang terdengar lebih indah : 'Dunia Zarmina'. Penemuan itu merupakan hasil pengamatan selama 11 tahun oleh para ilmuwan dari berbagai negara.

Yang menghebohkan, selain para ilmuwan menemukan Dunia Zarmina, juga menemukan adanya sinyal misterius yang dipancarkan dari planet tersebut. Sinyal aneh itu ditemukan pada Desember 2008 jauh sebelum ditemukannya planet tersebut oleh Dr. Ragbir Bhathal, seorang ilmuwan dari University of Western Sydney, Australia.

Bhathal adalah anggota organisasi SETISearch for Extra Terrestrial Intelligence (mencari bentuk kecerdasan lain di alam semesta) organisasi yang bertujuan membuka kontak dengan kehidupan lain di luar Bumi. Ketika sedang mengamati langit ia menemukan sinyal yang berasal dari area galaksi di mana Gliese 581g berada.

Dugaan bahwa kemungkinan ada kehidupan di Gliese 581g diperkuat oleh pendapat Dr. Steven Vogt dari University of California, Santa Cruz. Dari sinyal yang dideteksi, ia yakin 100 persen ada suatu bentuk kehidupan di planet Gliese 581g berada di gugus bintang 'Zona Goldilocks' itu.

Sebenarnya jumlah sistem tata surya yang diduga memiliki planet yang bisa dihuni mahluk hidup, mungkin hanya sekitar 10 sampai 20 persen saja. Tetapi jika dikalikan dengan ratusan miliar bintang di Bima Sakti, dan belum lagi ribuan milyar di galaksi yang lain, maka bukan tidak mungkin jika memang ada kehidupan lain seperti di Bumi.

Related Posts by Categories




0 komentar:

Posting Komentar

Jika merasa artikel yang telah Anda baca bermanfaat, silahkan meninggalkan komentar