Cinta Dalam Gelas : Sekuel Lanjutan Maryamah Karpov

Capek dan kehujanan pulang dari salah satu cafe di daerah Manyar, Surabaya, saya langsung menuliskan posting ini daripada kelupaan. Ceritanya saya mendapat undangan untuk cangkruk di salah satu cafe tersebut untuk ngobrol soal rencana penerbitan buku pelajaran SMA. Yang mengundang adalah salah seorang manager salah satu penerbit yang cukup terkenal, dan menawari saya untuk menulis buku persiapan Unas SMA tahun 2011 mendatang.
Semula saya cukup kaget mendapatkan undangan dan tawaran itu! Bagi saya inilah kesempatan yang sudah saya tunggu bertahun-tahun. Saya memang sudah menulis draft buku pelajaran untuk SMA tapi mandeg separo jalan karena gak tahu musti tak kirim ke penerbit mana. Eh, tiba-tiba dapat undangan ini. Sip, lah.
Setelah ngobrol sekitar dua jam, dicapai kesepakatan yang akan direalisasikan tiga bulan lagi. Artinya bulan Juli adalah deadline saya harus menyerahkan naskah fix. Artinya mulai sekarang saya harus mencari sumber referensi lagi untuk melanjutkan menulis buku. Artinya pula, waktu saya untuk blogging juga tersita. Tapi gak pa pa. Ini kesempatan yang harus saya utamakan. Semoga semuanya lancar.
Seperti saya telah tulis di atas, saya langsung posting supaya gak lupa karena banyak rekan-rekan fans berat Andrea Hirata pada ling lung cari info kesana kemari tanya soal sekuel lanjutan Maryamah Karpov. Nah ini kabar baiknya. Waktu ngobrol, dari orang penerbit tersebut saya dapat info kalo Andrea Hirata sudah menerbitkan sekuel lanjutan Maryamah Karpov langsung dua buku! Judulnya Cinta Dalam Gelas dan Padang Bulan. Wow! Lho! Dua novel langsung? Iya. Kenapa kok gitu? Saya sendiri gak tau. Yang jelas kedua novel tersebut saat ini sedang menjalani finishing layout dan covering. Rencananya resmi launching sekitar akhir Mei atau awal Juni 2010! Harga yang dipatok sekitar 50 ribu - 60 ribu.
Saya sendiri penasaran dengan akhir cerita di Maryamah Karpov. Rasanya ngganjel gitu. Rekan-rekan yang sudah baca masih ingat kan Ikal yang sudah taruhan nyawa mencari Ai Ling, sudah ketemu, mau kawin, trus waktu bilang minta restu ke ayahnya kok gak setuju. Trus cerita berhenti. Terpenggal! Nakal sekali si Andrea! Buat orang penasaran saja! (Apa ini cuma strategi bisnis ya?) Nah, di kedua novel lanjutannya ini mungkin semua akan terjawab. Saya sendiri belum tahu dan berharap begitu launching saya segera dapat novelnya.
O, ya. Ada sedikit info. Konon begitu tetralogi Laskar Pelangi ini meledak di pasaran, ada sebuah penerbit besar yang menawari Andrea uang cash 700 juta! Dengan syarat penerbitan selanjutnya dari novelnya tersebut diserahkan kepada sang penerbit tadi. Tapi saya salut! Ternyata Andrea menolak dan tetap memilih diterbitkan oleh penerbit yang sekarang. Untuk diketahui saja bahwa Andrea ditolak oleh banyak penerbit ketika menawarkan draft novel Laskar Pelangi. Sampai akhirnya ada sebuah penerbit yang bermata jeli dan menerima Andrea untuk menerbitkan novelnya. Anda tahu kan penerbit mana itu? Nah, karena itu Andrea menolak uang segepok tadi dan tetap memilih penerbit lama. Memang, sastra tak selalu bisa dinilai dengan uang kok.
Buat rekan-rekan yang belum baca tetralogi Laskar Pelangi, (eh bakalan jadi pentalogi atau heksalogi ya?) dan pingin ikutan baca bisa order ke saya via email. Saya punya koleksi novel tersebut berupa ebook lengkap. Yang format .prc buat baca di ponsel juga ada. Kirimkan request via email, dan saya akan kirimkan attachmen-nya.

Related Posts by Categories




1 komentar:

Cop mengatakan...

Wew. , kira kira launchingnya dimana ya?

Posting Komentar

Jika merasa artikel yang telah Anda baca bermanfaat, silahkan meninggalkan komentar